Senin, 30 Januari 2012

statistika penelitian, klasifikasi penelitian contoh tindakan penelitian


Klasifikasi Penelitian:
Tujuan                         : 1. Penelitian Murni  2. Penelitian Terapan
Tempat Pelaksanaan    : 1. Peneletian Lapangan  2. Penelitian Pustaka
Pendekatan                 : 1. Ekspost facto     2. Survey  3. History
Analisi                         : 1. Deskriptif    2. Asosiatif   3. Komparatif

Data untuk menjawab Rumusan masalah:
        Data Kualitatif (Kalimat, simbol, benda-benda) dan
                    Data Kuantitatif  (Angka/Numeric)

SKRIPSI  berdasarkan bentuk data yang digunakan untuk menjawab rumusan permasalahan yang diajukan dibedakan menjadi Skripsi jenis:
                    Kualitatif (Kalimat, simbol, benda-benda) dan
                    Kuantitatif  (ANGKA/Numeric)


Angka/Data = ANGKET (Apektif contoh: minat, pendapat,………….
                        TES  ( Kognitif  contoh penguasaan materi pelajaran……
                        DOKUMEN
                        INTERVIU (Psikomotor, Apektif ) dilengkapi dengan
                                           Pedoman interviu+indikator/ciri penetapan skort.
                         
Prosen kuantifikasi =  Mengubah data kualitatif menjadi kuantitatif  (Teori Harus Jelas=indikator

Diskrit = Memiliki nilai Nol Mutlak = chi squer  ilansngha (orang bencong/ pe
Kontinu = Tidak Memiliki nilai Nol Mutlak = pruduct Moment

Bentuk analisis dalm statistik:
  1. Deskriptif  = tendensi sentral, uji t, uji z
  2. Asosiatif  = hubungan(produk moment, korelasi ganda, korleasi parsial) 
                         /pengaruh (regresi)
  1. Komparatif = mencari perbandingan, uj t


Contoh masalah:
Deskriptif: 1. Berapa lama waktu yang digunakan siswa MTsN  1 Mataram untuk
                      belajar ekstra dalam satu minggu?
                  2. Apakah benar siswa MTs1N Mataram melaksankan belajar
                      ekstra dalam satu minggu lebih dari 26 jam untuk ?

Asosiatif:
Korelasi: 1. Bagaimana bentuk hubungan antar  (X) dengan Y pada ………?
               2. Bagaimana tingkat hubungan antar  (X) dengan Y pada ………?
Hubungan/Keterkaitan
Regresi:  1. Apakah ada pengaruh (X) terhadap Y pada ………?
               2. Seberapa besar pengaruh (X) terhadap Y pada ………?
                    Pengaruh/dampak

Komparasi/perbedaan:
               1. Apakah ada perbedaan antara X1 dengan X2 pada             ?


CONTOH RUMUSAN MASALAH

I. Pertanyaan korelasi sederhana/product moment (mencari hubungan dua variable/satu variable bebas dengan satu variable terikat, dengan data bersfiat kontiyu)
1.   Apakah ada hubungan antara kemampuan seseorang dalam bidang studi Bhs Arab (x) dengan kemampuannya dalam bidang studi  Al-Qur’an Hadits(y) di kalangan siswa MTsN 1 Mataram Tah un Ajaran 2008/2009?
2.   Bagaimanakah bentuk hubungan antara tingkat pendidikan orang tua (X) dengan prestasi belajar siswa (Y) di kalangan siswa SD 3 Kediri  Tahun Ajaran 2008/2009?


II. Korelasi Ganda   (mencari hubungan dua variable bebas atau lebih dengan satu variable terikat)
1.   Apakah ada hubungan antara kemampuan seseorang dalam bidang studi Bhs Arab (x1) dan kemampuan dalam bidang studi SKI (x2) dengan kemampuannya dalam bidang studi  Al Qur’an Hadits (y) di kalangan siswa MTsN 1 Matram Tahun Ajaran 2008/2009?

2.   Bagaimanakah bentuk hubungan antara tingkat pendidikan orang tua (x1), teman bergaul (x2) dan jumlah uang saku (x3) dengan prestasi belajar (Y)siswa di kalangan siswa SD 3 Kediri  Tahun Ajaran 2008/2009?

III. Korelasi Parsial   (mencari hubungan satu atau lebih variable bebas dengan satu variable terikat dimana salah satu dari variable bebas dijadikan kontrol)
1.   Apakah ada hubungan antara kemampuan seseorang dalam bidang studi Bhs Arab (x1) dengan kemampuannya dalam bidang studi  Al Qur’an Hadits (y) apabila dikontrol oleh lama belajar di luar kelas (X2) di kalangan siswa MTsN 1 Matram Tahun Ajaran 2008/2009?

Penelitian Kuantitatif
X = variable Indevendent/variable bebas/varibel yang mempengaruhi
Y = Variabel Devendent/Varabel Teriket/variable yang dipengaruhi


IV. Contoh soal komparasi:
      Apakah ada perbedaan  antara kelas husus  (X1), kelas reguler (X2) dan peserta diniyah (X3) dalam penguasaan mata pelajaran Bhs Arab di kalangan siswa Ponpes Al Halimy  sesela Lobar th. A 2008/2009? 


Tabel ,….
Kisi-Kisi Instrumen tentang Keatifan siswa dalam proses belajar
kelas VII SMPN 4 Mataram
Variabel
Indikator
Aspek yang diukur
Butir soal
Keaktifan sisiwa dalam proses belajar
1. Visual aktivitas
1.  tidak mengantuk

1, 3, 8,5
2. pandangannya keapa yang disampekan guru

6, 7, 2
3. tidak main-main ketika di jelaskan.
9,10,4
2. Oral aktivitas
1. Tidak  membicarakan hal lain ketika materi disampekean


2.  Mengeluarkan pendapat jika dibutuhkan


3. Bertanya jika tidak mengerti


3. Listening aktivitas
1. menyimak dengan baik.

2. ……………………..

3. ……………………..

4. ……………………..

5. ……………………..

4. Writing aktivitas
1. ……………………..

2. ……………………..

5. Mental aktiviti
1. ……………………..



Catatan: Jumlah dan bentuk indikator ditetapkan bersarkan pendapat para kahli yang telah dikutif dan ditetapkan untuk digunakan peneliti seabagai teori untuk membedah permasalahan yang diajukan.teori-teri tersebut tentunya telah dituliskan oleh peneliti dalam bab yang berisi pembahasan kajian teori. Hal serupa juga dengan komponen aspek yang diukur, seharusnya telah dikemukakan dalam uraian kajian teori/kerangka teori. Setiap aspek yang diukur hendaknya   dirumuskan dalam bentuk pertanyaan sekurang-kurangnya terdiri dari 3 soal pertanyaan dengan urutan nomor pertanyaanya dapat diacak sesuai keinginan peneliti. Setelah butir-butir pertanyaan dituliskan dan dijadikan dalam bentuk tes/angket, maka tes/angket tersebut disebarkan ke respondent untuk dijawab. Adapun hasil jawaban respondent hendaknya ditabulasikan kedalam tabel tabulasi sebagai berikut:


No
Nama
Butir Soal
Jumlah
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
1
Ahmad
1
1
1
1
1
1
1
1
1
0
1
1
1
0
1
1
1
15
2
Ayodya
0
1
1
1
0
1
1
0
1
1
1
0
1
1
1
1
1
13
3
Aini
1
0
0
1
0
1
1
0
1
0
1
0
1
0
1
0
0
9
4
Halimah
1
1
0
1
0
1
1
1
1
1
0
1
1
0
1
1
0
12
….


















…..


















..
….


















..
….



















Catatan: jika julah soal sebayak 17 maka bayaknya angka yang berada di bawah kolom butir soal benjulah 17. Nilai 1 dan 0 yang muncul di bawah anka butir soal menujukkan jawaban peserta tes benar (1) dan salah (0).Adapun untuk bentuk soal angket maka nilai yang berada dibawah tergantung  pada jumlah option/pilihan jawaban yang ada dan model angket yang digunakan peneliti.
Untuk kepentingan menentukan kualitas tes/ angket tersebut maka perlu dihitung dengan rumus valididtas, reliabilitas, tingkat kesukaran, KMO, dll. Dengan cara, aturan-aturan, rumus-rumus tertentu.Adapun yang menjadi datanya adalah nilai-nilai yang berada di bawah  butir soal. Untuk kepentingan analisis statistik maka nilai yang digunakan sebagai data adalah nilai hasil penjumlahan yang ada di samping.


Contoh data yang telah dihimpun dengan Tes untuk nilai IPS dan dengan angket untuk nilai waktu yang digunakan belajar ekstra, dengan jumlah respondent 26 orang.
                              Tabel……………
                    ………………………………..
NO
NAMA
Kemampuab berbahasa Arab (X)
Kemampuan Al Qur,an Hadits (Y)
  1.  
Fathul
70
62
  1.  
Edi
50
52
  1.  
Haris
80
80
  1.  
Gofar
75
34
  1.  
Siti
40
56
  1.  
Ade
90
87
  1.  
Ana
95
82
  1.  
Holend
75
63
  1.  
Nasri
50
43
  1.  
Laili
60
57
  1.  
Husnul
70
65
  1.  
Sahdan
80
77
  1.  
Ari
85
75
  1.  
Bedah
70
69
  1.  
Ela
60
54
  1.  
Amin
50
34
  1.  
Hamid
45
33
  1.  
Atun
40
30
  1.  
Hadi
65
54
  1.  
Zubair
85
78
  1.  
Sodik
55
45
  1.  
Ahmad
75
67
  1.  
Jayadi
50
45
  1.  
Nurlaila
70
60
  1.  
Fatimah
60
52
  1.  
Ridwan
80
64
Sumber:

Keterangan
Data Y besifat Homogen
Data X berisfat Hitrogen

TABEL
Tehnik menentukan lebar interval dengan rumus Struges:
1.      Range atau Jangkauan
R = X mak – X min
    = 87 – 30                                                                             = 95-40
    = 57                                                                                     = 55
2.      Banyak Kelas
K = 1 + 3,3 Log N         (log N adalah Nilai Logaritma dari jumlah data)
K = 1 + (3,3 x Log 26)                                                            = 1+(3,3 x log 26)
    = 1 + (3,3 x 1,415)
    = 1 + 4.669
    = 5,669
3.      Interval kelas
      P = R/K
              =  57 / 5,669                                                                          =55/5,669      
              =  10.055                                                                               = 9,70   -= 10
                              Tabel……
              NILAI Al Qur’an Hadits (Y) Siswa …………
Interval
Tally/jari-jari
F
30 – 39
IIII
4
40 – 49
III
3
50 – 59
IIII I
6
60 – 69
IIII II
7
70 – 79
III
3
80 – 89
III
3
Jumlah

26
     Sumber: ………………………………………………..

                                             Tabel……
              Nilai IPS Siswa …………
Interval
Tally/Jari-jari
F
40
II
2
45
I
1
50
IIII
4
55
I
1
60
III
3
65
I
1
70
IIII
4
75
III
3
80
III
3
85
II
2
90
I
1
95
I
1
Jumlah

26
     Sumber: ………………………………………………..

Catatan: Tabel model data nilai IPS ini dibuat seperti di atas mengingat data yang ada relatif homogen, jadi tidak perlu dibuat dalam bentuk interva.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar