Klasifikasi Penelitian:
Tujuan : 1. Penelitian
Murni 2. Penelitian Terapan
Tempat
Pelaksanaan : 1. Peneletian
Lapangan 2. Penelitian Pustaka
Pendekatan : 1. Ekspost facto 2. Survey
3. History
Analisi : 1. Deskriptif 2. Asosiatif 3. Komparatif
Data
untuk menjawab Rumusan masalah:
Data
Kualitatif (Kalimat, simbol, benda-benda) dan
Data Kuantitatif (Angka/Numeric)
SKRIPSI berdasarkan bentuk data yang digunakan untuk
menjawab rumusan permasalahan yang diajukan dibedakan menjadi Skripsi jenis:
Kualitatif (Kalimat,
simbol, benda-benda) dan
Kuantitatif
(ANGKA/Numeric)
Angka/Data = ANGKET
(Apektif contoh: minat, pendapat,………….
TES ( Kognitif
contoh penguasaan materi pelajaran……
DOKUMEN
INTERVIU (Psikomotor,
Apektif ) dilengkapi dengan
Pedoman interviu+indikator/ciri penetapan skort.
Prosen kuantifikasi = Mengubah data kualitatif menjadi
kuantitatif (Teori Harus Jelas=indikator
Diskrit = Memiliki
nilai Nol Mutlak = chi squer ilansngha
(orang bencong/ pe
Kontinu = Tidak
Memiliki nilai Nol Mutlak = pruduct Moment
Bentuk analisis dalm
statistik:
- Deskriptif = tendensi sentral, uji t, uji z
- Asosiatif = hubungan(produk moment, korelasi ganda, korleasi parsial)
/pengaruh (regresi)
- Komparatif = mencari perbandingan, uj t
Contoh masalah:
Deskriptif: 1. Berapa
lama waktu yang digunakan siswa MTsN 1
Mataram untuk
belajar ekstra dalam satu minggu?
2. Apakah benar siswa MTs1N Mataram melaksankan belajar
ekstra dalam satu minggu
lebih dari 26 jam untuk ?
Asosiatif:
Korelasi:
1. Bagaimana bentuk hubungan antar (X)
dengan Y pada ………?
2. Bagaimana tingkat hubungan antar
(X) dengan Y pada ………?
Hubungan/Keterkaitan
Regresi: 1. Apakah ada pengaruh (X) terhadap Y pada
………?
2. Seberapa besar pengaruh (X) terhadap Y pada ………?
Pengaruh/dampak
Komparasi/perbedaan:
1. Apakah ada perbedaan antara X1 dengan X2 pada ?
CONTOH RUMUSAN MASALAH
I.
Pertanyaan korelasi sederhana/product moment (mencari hubungan dua
variable/satu variable bebas dengan satu variable terikat, dengan data bersfiat
kontiyu)
1. Apakah ada hubungan antara kemampuan
seseorang dalam bidang studi Bhs Arab (x) dengan kemampuannya dalam bidang
studi Al-Qur’an Hadits(y) di kalangan
siswa MTsN 1 Mataram Tah un Ajaran 2008/2009?
2.
Bagaimanakah bentuk hubungan antara tingkat pendidikan orang tua (X)
dengan prestasi belajar siswa (Y) di kalangan siswa SD 3 Kediri Tahun Ajaran 2008/2009?
II. Korelasi Ganda (mencari hubungan dua variable bebas atau
lebih dengan satu variable terikat)
1. Apakah ada hubungan antara kemampuan
seseorang dalam bidang studi Bhs Arab (x1) dan kemampuan dalam bidang studi SKI
(x2) dengan kemampuannya dalam bidang studi
Al Qur’an Hadits (y) di kalangan siswa MTsN 1 Matram Tahun Ajaran
2008/2009?
2. Bagaimanakah bentuk hubungan antara tingkat
pendidikan orang tua (x1), teman bergaul (x2) dan jumlah uang saku (x3) dengan
prestasi belajar (Y)siswa di kalangan siswa SD 3 Kediri Tahun Ajaran 2008/2009?
III. Korelasi Parsial (mencari hubungan satu atau lebih variable
bebas dengan satu variable terikat dimana salah satu dari variable bebas
dijadikan kontrol)
1. Apakah ada hubungan antara kemampuan
seseorang dalam bidang studi Bhs Arab (x1) dengan kemampuannya dalam bidang
studi Al Qur’an Hadits (y) apabila
dikontrol oleh lama belajar di luar kelas (X2) di kalangan siswa MTsN 1 Matram
Tahun Ajaran 2008/2009?
Penelitian
Kuantitatif
X =
variable Indevendent/variable bebas/varibel yang mempengaruhi
Y =
Variabel Devendent/Varabel Teriket/variable yang dipengaruhi
IV.
Contoh soal komparasi:
Apakah ada perbedaan antara kelas husus (X1), kelas reguler (X2) dan peserta diniyah
(X3) dalam penguasaan mata pelajaran Bhs Arab di kalangan siswa Ponpes Al
Halimy sesela Lobar th. A
2008/2009?
Tabel ,….
Kisi-Kisi Instrumen tentang Keatifan siswa dalam
proses belajar
kelas
VII SMPN 4 Mataram
Variabel
|
Indikator
|
Aspek yang diukur
|
Butir soal
|
Keaktifan sisiwa dalam proses belajar
|
1. Visual aktivitas
|
1.
tidak mengantuk
|
1, 3, 8,5
|
2. pandangannya keapa yang disampekan
guru
|
6, 7, 2
|
||
3. tidak main-main ketika di jelaskan.
|
9,10,4
|
||
2. Oral aktivitas
|
1. Tidak
membicarakan hal lain ketika materi disampekean
|
|
|
2.
Mengeluarkan pendapat jika dibutuhkan
|
|
||
3. Bertanya jika tidak mengerti
|
|
||
3. Listening aktivitas
|
1. menyimak dengan baik.
|
|
|
2. ……………………..
|
|
||
3. ……………………..
|
|
||
4. ……………………..
|
|
||
5. ……………………..
|
|
||
4. Writing aktivitas
|
1. ……………………..
|
|
|
2. ……………………..
|
|
||
5. Mental aktiviti
|
1. ……………………..
|
|
Catatan: Jumlah dan bentuk indikator ditetapkan
bersarkan pendapat para kahli yang telah dikutif dan ditetapkan untuk digunakan
peneliti seabagai teori untuk membedah permasalahan yang diajukan.teori-teri
tersebut tentunya telah dituliskan oleh peneliti dalam bab yang berisi
pembahasan kajian teori. Hal serupa juga dengan komponen aspek yang diukur,
seharusnya telah dikemukakan dalam uraian kajian teori/kerangka teori. Setiap
aspek yang diukur hendaknya dirumuskan
dalam bentuk pertanyaan sekurang-kurangnya terdiri dari 3 soal pertanyaan
dengan urutan nomor pertanyaanya dapat diacak sesuai keinginan peneliti.
Setelah butir-butir pertanyaan dituliskan dan dijadikan dalam bentuk
tes/angket, maka tes/angket tersebut disebarkan ke respondent untuk dijawab.
Adapun hasil jawaban respondent hendaknya ditabulasikan kedalam tabel tabulasi
sebagai berikut:
No
|
Nama
|
Butir Soal
|
Jumlah
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
|||
1
|
Ahmad
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
15
|
2
|
Ayodya
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
13
|
3
|
Aini
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
9
|
4
|
Halimah
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
12
|
…
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
…..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
..
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
..
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan: jika julah
soal sebayak 17 maka bayaknya angka yang berada di bawah kolom butir soal
benjulah 17. Nilai 1 dan 0 yang muncul di bawah anka butir soal menujukkan
jawaban peserta tes benar (1) dan salah (0).Adapun untuk bentuk soal angket
maka nilai yang berada dibawah tergantung
pada jumlah option/pilihan jawaban yang ada dan model angket yang
digunakan peneliti.
Untuk kepentingan
menentukan kualitas tes/ angket tersebut maka perlu dihitung dengan rumus
valididtas, reliabilitas, tingkat kesukaran, KMO, dll. Dengan cara, aturan-aturan,
rumus-rumus tertentu.Adapun yang menjadi datanya adalah nilai-nilai yang berada
di bawah butir soal. Untuk kepentingan
analisis statistik maka nilai yang digunakan sebagai data adalah nilai hasil
penjumlahan yang ada di samping.
Contoh
data yang telah dihimpun dengan Tes untuk nilai IPS dan dengan angket untuk
nilai waktu yang digunakan belajar ekstra, dengan jumlah respondent 26 orang.
Tabel……………
………………………………..
NO
|
NAMA
|
Kemampuab berbahasa Arab (X)
|
Kemampuan Al Qur,an Hadits (Y)
|
|
Fathul
|
70
|
62
|
|
Edi
|
50
|
52
|
|
Haris
|
80
|
80
|
|
Gofar
|
75
|
34
|
|
Siti
|
40
|
56
|
|
Ade
|
90
|
87
|
|
Ana
|
95
|
82
|
|
Holend
|
75
|
63
|
|
Nasri
|
50
|
43
|
|
Laili
|
60
|
57
|
|
Husnul
|
70
|
65
|
|
Sahdan
|
80
|
77
|
|
Ari
|
85
|
75
|
|
Bedah
|
70
|
69
|
|
Ela
|
60
|
54
|
|
Amin
|
50
|
34
|
|
Hamid
|
45
|
33
|
|
Atun
|
40
|
30
|
|
Hadi
|
65
|
54
|
|
Zubair
|
85
|
78
|
|
Sodik
|
55
|
45
|
|
Ahmad
|
75
|
67
|
|
Jayadi
|
50
|
45
|
|
Nurlaila
|
70
|
60
|
|
Fatimah
|
60
|
52
|
|
Ridwan
|
80
|
64
|
Sumber:
Keterangan
Data Y besifat Homogen
Data X berisfat
Hitrogen
TABEL
Tehnik menentukan lebar
interval dengan rumus Struges:
1.
Range
atau Jangkauan
R = X mak – X min
= 87 – 30
= 95-40
= 57 =
55
2.
Banyak
Kelas
K = 1 + 3,3 Log N (log N adalah Nilai Logaritma dari
jumlah data)
K = 1 + (3,3 x Log 26) = 1+(3,3
x log 26)
= 1 +
(3,3 x 1,415)
= 1 +
4.669
=
5,669
3.
Interval
kelas
P = R/K
= 57 / 5,669 =55/5,669
=
10.055 =
9,70 -= 10
Tabel……
NILAI Al Qur’an Hadits (Y) Siswa
…………
Interval
|
Tally/jari-jari
|
F
|
30 – 39
|
IIII
|
4
|
40 – 49
|
III
|
3
|
50 – 59
|
IIII I
|
6
|
60 – 69
|
IIII II
|
7
|
70 – 79
|
III
|
3
|
80 – 89
|
III
|
3
|
Jumlah
|
|
26
|
Sumber: ………………………………………………..
Tabel……
Nilai IPS Siswa …………
Interval
|
Tally/Jari-jari
|
F
|
40
|
II
|
2
|
45
|
I
|
1
|
50
|
IIII
|
4
|
55
|
I
|
1
|
60
|
III
|
3
|
65
|
I
|
1
|
70
|
IIII
|
4
|
75
|
III
|
3
|
80
|
III
|
3
|
85
|
II
|
2
|
90
|
I
|
1
|
95
|
I
|
1
|
Jumlah
|
|
26
|
Sumber: ………………………………………………..
Catatan: Tabel model
data nilai IPS ini dibuat seperti di atas mengingat data yang ada relatif
homogen, jadi tidak perlu dibuat dalam bentuk interva.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar